Sabtu, 11 Februari 2012

membuat efek kaca pembesar pada corel draw


Selamat pagi gan.... nahh kali ini saya akan memberikan tutorial tentang efek kaca pembesar dengan CorelDRAW X5 , versi dibawahnya juga bisa. Membuat efek kaca pembesar pada CorelDRAW sebenarnya ada bermacam2 cara, tapi disini kita akan membuat dengan cara yang benar yaitu yang sesuai dengan fitur yang disediakan untuk membuat pembesaran object pada bagian tertentu, yang akan kita bahas adalah membuat efek seperti gambar disamping :

Berikut adalah langakah-langakah membuat efek kaca pembesar :

Nahh... kita buat dulu object, terserah anda sekalian, object apa yang akan diperbesar, disini saya membuat object bintang, seperti gambar berikut :


Buat object lingkaran dengan menggunakan Rectangle tool pada Toolbox , letakkan disembarang tempat yang nantinya kita ibaratkan sebagai kaca pembesar :


Langkah selanjutnya, object lingkaran dalam keadaan terseleksi/aktif pada Menu Bar --> Effects --> pilih Lens

Sehingga muncul kotak Docker yang letaknya di sisi kanan tampilan monitor kita, dan pilih Magnify pada Drop down :


Pada Amount ketikkan angka = 1.2, dan klik Apply 



Hasilnya seperti gambar berikut, karena nantinya diberi tambahan gambar lop maka sampeyan harus memberi tanda rumput (centang) pada Frozen yang bertujuan untuk membuat object baru trus klik Apply :

Sebagai tambahan agar supaya gambar kita tampak realistis beri gambar lop diatasnya (cari di internet ada banyak tuh, usahakan cari gambar yang free biar aman) buat lebar lingkar lop sama dengan object lingkaran :

Terangkan sedikit, contoh ada pada download gambar vector, kalau tertarik silahkan sedot pada link download pada akhir postingan ini (di paling bawah) :

Beri efek bayangan dengan Drop Shadow tool pada Toolbox :

Teerreeengg...... nahh hasil akhirnya akan seperti gambar dibawah ini :
Nah, gimana gan ? tampak realistis bukan?? sekian tutorial kali ini, jika masih bingung silahkan di tanya lewat kotak komentar atau di buku tamu juga bisa,,,,, okeee.... Selamat mencoba dan Terima Kasih... ^_^
Vector Format CorelDRAW X5

0 komentar:

Posting Komentar

Link Support


Review tutorial-kuh.blogspot.com on alexa.com free web site traffic and promotionFree SEO Toolsblog-indonesia.comPage Rank Checker YouSayToo Revenue Sharing CommunityCool Text: Logo and Graphics GeneratorSubmit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!