IndonesianEnglishGermanDutchPortugueseRussianSpanishArabicKoreanGreekFrenchBrazilian

Kamis, 02 Februari 2012

Membuat Peta Undangan 3D dengan CorelDraw

Haiii gan.... nahhh mari kita lanjutkan tutorial kita.... nahh kali saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara Membuat Peta Undangan dengan CorelDraw. Dalam Kartu undangan,  peta merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Terkadang perusahaan percetakan menawarkannya dalam sebuah paket ,termasuk didalamnya kartu undangan, kartu ucapan terima kasih, peta lokasi, plastik, cindera mata, buku tamu, dll.

Pada tutorial kali ini,  tool-tool yang digunakan antara lain pen tool, text tool, Rectangle tool,  sedangkan fasilitas yang digunakan ialah weld dan add perspective.

Langkah - Langkahnya:
  1. okeee.....langkah pertama yang harus selalu dilakukan sebelum membuat gambar adalah menetapkan areal gambar, di sini dibuat dalam ukuran 90 x 145 mm, buat kotak sebagai guideline.
  2. Pilih pen tool, buat alur jalan dengan cara klik pertama untuk menentukan titik awal dan geser mouse ke arah yang diinginkan lalu klik untuk menentukan titik akhir, dimana antara titik pertama dan ke dua ada garis yang menghubungkannya. Untuk membuat jalan lengkung : klik  geser mouse klik tahan dan geser mouse untuk membuat lengkung

  3. Jika sudah selesai, pilih Edit > Select All (Ctr A) tekan F12 untuk mengatur property garis, beri ketebalan garis = 11 pt. Selanjutnya pilih menu Arrange > Convert to Curves (Ctrl Q) untuk membuat garis menjadi kurva. Atur warna pada Color Pallet garis = hitam, fill = kuning.
  4. Untuk menyatukan kurva tadi pilih weld pada dockers shaping atau pada Menu Utama pilih Arrange > Shaping > Weld
  5. Selanjutnya bentuk objek tadi menjadi 3 D, caranya aktifkan objek, pilih menu Effects > Add Perspective


  6. Pilih ujung handle, sehingga kursor akan berubah menjadi tanda (+), klik – tahan – tarik handle untuk membuat perspektif. Hentikan jika kita sudah mendapatkan bentuk yang kita inginkan.
  7. Buat text untuk menamai jalan, simpan di tempat yang diinginkan.


     
  8. Untuk membuat gambar gedung, gunakan Rectangle tool, buat objek segiempat, beri warna, ubahlah segiempat tadi menjadi 3D, klik Interactive Extrude, klik gambar tahan dan tarik garisnya sehingga membentuk objek 3D.

  9. Selain bentuk segiempat, bisa pula bentuk segitiga, polygon atau gambar rumah.
    Hasilnya kira - kira seperti ini:

Nahhh... selesai sudah gan... gimana??? gak rumit bukan??? Nahhh...... silahkan mencoba gan... okee??? Sekian tutorial kali ini.... Selamat Mencoba dan Terima Kasih... ^_^....

3 komentar:

damas amirul karim mengatakan...

pertamaX...

Terima Kasih damas amirul karim Atas Komentar Anda. Salam Hangat....
by Koerniawanz
Arum Mandiri mengatakan...

thanks gan, tapi masih bingung gan

Terima Kasih Arum Mandiri Atas Komentar Anda. Salam Hangat....
by Koerniawanz
Tips sehat mengatakan...

Manteps tutorialnya makasih....

Terima Kasih Tips sehat Atas Komentar Anda. Salam Hangat....
by Koerniawanz

Posting Komentar

Link Support


Review tutorial-kuh.blogspot.com on alexa.com free web site traffic and promotionFree SEO Toolsblog-indonesia.comPage Rank Checker YouSayToo Revenue Sharing CommunityCool Text: Logo and Graphics GeneratorSubmit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!