Minggu, 11 Desember 2011

Mengenal Adobe Photoshop CS

Haaiii semuanya.... salam Blogger!!! Disini saya memperkenalkan Blog saya yg berjudul "Tutorial-kuh" yang mana akan berisi tentang tutorial-tutorial penting...... nahhh saat ini saya akan membahas tentang photoshop terlebih dahulu....... oke gan... langsung aja ke TKP.... hehehehee...... ^_^

Adobe Photoshop adalah perangkat lunak atau software yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar atau pengolah bitmap.
Adobe Photoshop banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga Adobe Photoshop menjadi “nomor satu” dalam hal mengolah gambar.
 
Adobe Photoshop dapat mendukung pengginaan beberapa model warna:
 
  • RGB (Red, Green, Blue)
Persentase yang sangat besar dari spektrum yang terlihat dapat direpresentasikan dengan mencampur merah, hijau dan biru (Red, Green dan Blue) yang diberi warna terang dalam berbagai proporsi dan intensitas. Dengan mencampur warna merah, hijau dan biru akan menciptakan warna putih. 0Ieh karena itu model RGB juga disebut dengan additive colors (warna campuran).
 
  • CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black)
CMYK didasarkan pada kualitas penyerapan cahaya dari tinta yang dicetak pada kertas. MisaInya, warna putih terang menyebabkan tinta menjadi tembus pandang, sebagian dari spektrumnya diserap, dan yang lainnya K pada CWK direfleksikan kembali menuju mata.
 
  • Grayscale
Mode ini menggunakan lebih dari 256 bayangan abu-abu. Setiap pixel dari sebuah image dengan mode grayscale mempunyai nilai kecerahan (brightness) dengan range 0 (hitam) sampai 255 (putih). Nilai grayscale juga dapat diterapkan dalam persentase dengan 0% adalah putih, dan 100% adalah hitam.
 
  • Bitmap
Mode ini menggunakan satu dari dua nilai warna (hitam atau putih) untuk merepresentasikan pixel ke dalam image. Image dalam mode Bitmap biasa disebut dengan Bitmapped 1-bit karena image tersebut memiliki kedalaman bit sebanyak 1.
 
  • Duotone
Mode ini menggunakan 256 warna. Pada saat mengkonversi menjadi indexed color, Photoshop akan membuat CWT (Color Lockup Table) yang menyimpan dan mengindeks warna dalam sebuah image. Apabila ada sebuah warna dalam image aslinya tidak muncul pada tabel, program akan memilih warna yang terdekat dengan warna tersebut, atau mensimulasikan warna dengan menggunakan warna yang telah tersedia.
 
  • Multychannel
Mode ini menggunakan 256 level, dari abu-abu pada tiap channel. Image dengan menggunakan mode Multichannel sangat berguna untuk pencetakan khusus.
 
 
FORMAT FILE
Adobe Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat .png, .gif, .jpeg, dan lain sebagainnya.


Adobe Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:
 
  • PSD (Photoshop Document)
Format yang menyimpan gambar dala bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blending mode, channel warna, channel alpha, clipping path, dan setting duotone.
  • PSB adalah versi terbaru dari .PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB.
  • PDD adalah versi lain dari .PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotoshopDeluxe.
Nahh.... itu dia sekilas pengenalan photoshop..... kalau masih ada yang bingung or kurang paham silahkan di komen ya gan...... sekian tetang "Mengenal Adobe Photoshop CS" ..... sampai jumpa di Tutorial berikutnyaa...... ^_^ heheheee.......

1 komentar:

Koerniawanz mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

Link Support


Review tutorial-kuh.blogspot.com on alexa.com free web site traffic and promotionFree SEO Toolsblog-indonesia.comPage Rank Checker YouSayToo Revenue Sharing CommunityCool Text: Logo and Graphics GeneratorSubmit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!