Rabu, 04 Januari 2012

Membuat Karikatur di Photoshop

Salam blogger !!!
Haii gan... apa kabar hari ini...? pastinya oke2 aja kan... hhehee.... nahh sekarang mari kita lanjutkan tentang Tutorial Photoshop , Heeemmmpp.... kali ini kita membahas tntang apa ya..?? huayooo... siapa yg tauu?? hehehee..... lihat aja gan pada gambar di samping, dan agan pasti tau apa yg ingin saya posting kali ini....... haha!! Yuupzz... Bener bgt gan... Karikatur... Apa itu Karikatur??? Karikatur adalah gambar wajah orang dengan distorsi kartun. (kalo kurang tlg d tmbhin... hehehe....)
Nahh tutorial kali ini saya akan memberi tahu cara nya membuat gambar karikatur itu gan.... Langsung aja gan ikuti langkah-langkah Membuat Karikatur di Photoshop.

Langkah-langkah nya :
  1. Buka file foto yang ingin kita edit. klik File >> Open


    (NB : foto yang akan diedit sebaiknya jenis foto dengan angle (arah pengambilan foto) dari depan. )

  2. Kemudian lakukan retouching pada bagian wajah, dengan Clone Stamp Tool kita buat wajah semakin halus.



    Aktifkan Clone stamp tool atau tekan (S). tekan Alt dan klik pada permukaan wajah yang halus dengan daerah komposisi warna yang agak sama. Lepas Alt dan sapukan pada daerah wajah yang berbintik-bintik. Lakukan alt dan Klik lagi bila pada daerah dengan komposisi warna yang sudah beda. (cloning pada dearah gelap tidak pada daerah terang)



    Kalo hasilnya mukanya terlalu bopeng (rata semua), lakukan Burning dibagian yang terlihat gelap agar mendapatkan kembali bentuk wajah aslinya.



  3. Setelah Retouching pada wajah, maka didapatkan wajah yang halus dan terlihat seperti 3D modeling efect (karakter kartun 3D).


    Kemudian lakukan stretching pada gambar. Potong bagian kening ke atas dengan marquee tool.


    Dan tekan control+T, klik kanan dan pilih Distort.


    Lalu enter dan kepalanya jadi agak gede kan.

  4. Sekarang kita pilih Filter- Liquify. Lalu pilih Forward Warp Tool. Dan lakukan tarik menarik pada wajah yang ingin dibentuk.


    Warp tool bisa dicoba satu2 gan, dan bentuk wajah sperti karet. Usahakan tonjolkan pada bagian wajah yang lebih identik. Pada foto ini,saya tonjolkan bentuk muka, mulut dan matanya.

  5. Bagi foto menjadi 2 bagian, kepala dan badan. Titik potong pada leher dan lakukan warping/stretching pada 2 bagian tersebut.
    Pada Leher:



    Pada kepala:


    Sambungkan kepala dan badan:

  6. Kemudian pilih Filter- Artistic- Dry Brush. Setting komposisi brush size=1, brushdetail=10, texture=2, dan klik icon new effect layer dibagian kanan bawah.


    Kemudian pilih efek Rough Pastels dengan komposisi.

    Pastikan texture= Burlap dan centang Invert.
    (komposisi dapat diatur sesuai selera dan hasil yang diinginkan).


  7. Tambahkan pernak-pernik hiasan pada gambar sebagai pemanis. Tambah Shadow pada setiap tepi wajah, biar dapat sentuhan animasinya. Dan bila ingin warna yang lebih pas tekan Ctrl+L atur sesuka hati anda gan.
    Lihat hasilnya :


Tereeengg... yooppsss.... selesai sudah gan... nahh gimana ??? gampang bukan ??? sekian tutorial kali ini gan.... Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat... thanksss.... ^_^

    8 komentar:

    w_hack mengatakan...

    hehehehehe.....yayaya bisa buat ngerjain temen nih,,,,thanks

    Terima Kasih w_hack Atas Komentar Anda. Salam Hangat....
    by Koerniawanz
    Koerniawanz mengatakan...

    @w_hack
    hehehe..... sma2 gan... sering2 berknjung y gan... thanks gan...

    cara anda mengatakan...

    keren gan tampilan blog ente!!!

    Terima Kasih cara anda Atas Komentar Anda. Salam Hangat....
    by Koerniawanz
    Koerniawanz mengatakan...

    @cara anda
    hehehe... thankss gan.. sering2 brknjung ya... :)

    Koerniawanz mengatakan...

    @cara anda
    hehehe... thankss gan.. sering2 brknjung ya... :)

    Anonim mengatakan...

    thanks 4 tutOrialnya

    Terima Kasih Anonim Atas Komentar Anda. Salam Hangat....
    by Koerniawanz
    Koerniawanz mengatakan...

    @Anonim yupzzz.... sma2 gan...

    Anonim mengatakan...

    Keren Gan....Thnks

    Terima Kasih Anonim Atas Komentar Anda. Salam Hangat....
    by Koerniawanz

    Posting Komentar

    Link Support


    Review tutorial-kuh.blogspot.com on alexa.com free web site traffic and promotionFree SEO Toolsblog-indonesia.comPage Rank Checker YouSayToo Revenue Sharing CommunityCool Text: Logo and Graphics GeneratorSubmit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!